Loading…

Rendah Hati

 

Staying-Humble-When-Were-Successful

Terimakasih kepada 54 orang responden yang telah mengisi kuesioner Humility dari Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia wilayah 1. Responden yang mengikuti kuis ini 8 orang dari Universitas Jambi, masing – masing 6 orang dari Universitas Sriwijaya dan Universitas Negeri Jakarta, kemudian 5 orang dari Universitas Persada Indonesia YAI. Selanjutnya 3 orang dari Universitas Negeri Padang. Lalu, masing – masing 2 orang dari UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Raden Fatah dan IAIN Imam Bonjol Padang. Selanjutnya, masing – masing 1 orang dari Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Mercu Buana, Universitas Andalas, IAIN Raden Intan, Universitas Muhammadiyah Aceh, Universitas Sebelas Maret, Universitas AKI Semarang, Institut Pertanian Bogor, Universitas Negeri Manado, Universitas Teknologi Sumbawa dan IAIN Antasari Banjarmasin. Kemudian yang terakhir 9 orang tanpa keterangan dari asal instansi.

Lalu mengenai hasilnya, kami mengelompokkan berdasarkan 2 kategori. Kategori pertama yaitu presentase kerendahan hati yang lebih besar, kemudian presentase kerendahan hati yang lebih kecil. Dan hasilnya adalah 85.19% (46 orang) responden memiliki presentase kerendahan hati yang lebih besar. Lalu, 14.81% (8 orang).

Baiklah pembaca, setelah kita membahas secara statistik mengenai Humility (rasa kerendahan hati) ini, sekarang mari kita membahas apa itu kerendahan hati? Apa saja ciri – ciri orang yang rendah hati? Seperti apa contoh sikap yang rendah hati itu ? Kemudian apa saja manfaat memiliki rasa rendah hati itu? Dan yang paling penting adalah apa saja tips untuk bersikap yang rendah hati?

A.    Kerendahan Hati

Sebuah studi penelitian yang diuraikan dalam jurnal Psychological Science menjelaskan mengenai definisi kerendahan hati. Pada tingkat intrapersonal, kerendahan hati melibatkan pandangan yang akurat tentang diri. Pada tingkat interpersonal, kerendahan hati melibatkan sikap yang berorientasi pada orang lain daripada  diri sendiri.

Rendah hati atau humble, mencerminkan sikap tidak sombong, dan bersedia untuk mengakui kehebatan orang lain. Dengan adanya sikap rendah hati, kita bisa mengikis rasa ego kita, dan mau belajar dari orang lain. Ujung- ujungnya, semua itu menentukan seberapa besar jiwa kita.

Kerendahan hati tidak berarti berpikir bahwa dirimu lebih rendah dari orang lain, tidak juga berarti kita memiliki gambaran yang rendah atas kemampuan diri sendiri. Tetapi

sebaliknya, kerendahan hati berarti suatu kebebasan dari berpikir tentang diri sendiri. Rendah hati identik dengan sikap tidak sombong, berbeda dengan rendah diri yang cenderung mempunyai arti tidak percaya diri,takut dan tidak yakin dengan dirinya sendiri.

B.    Ciri-ciri Orang yang Rendah Hati:

  1. Tidak merasa perlu untuk menyombongkan diri

Orang yang rendah hati tidak merasa perlu menggembor-gemborkan prestasi yang dicapainya untuk mendapat perhatian dari orang lain. Karena pada umumnya manusia ingin diperhatikan, duh. Orang yang rendah hati merasa cukup puas pada dirinya sendiri dan tidak merasa perlu menjadi sorotan atas pencapaiannya. Toh bukan hanya prestasi yang mendefinisikan siapa diri kita, tetapi juga tentang hal-hal kecil yang kita lakukan setiap hari.

  1. Bisa menunjukkan empati

Rasa rendah hati erat kaitannya dengan berempati. Mencoba memahami posisi orang lain dan tidak menghakimi situasi ataupun keadaan yang sedang dialami.  Bukan hanya berempati kepada orang-orang terdekat tapi juga kepada orang yang sedang dalam keadaan kurang baik. Mencoba membantu sebisanya, agar bisa bermanfaat tanpa memikirkan apa keuntungan dari berempati kepada orang lain.

  1. Senang membuat orang lain bahagia

Bagaimana kita bisa memberikan dampak dan bermanfaat untuk orang lain sehingga orang lain dapat tersenyum dan kita pun menjadi bahagia. Sejauh mana kita menikmati dalam berkontribusi agar bisa menjadi lebih baik dan tidak memikirkan ‘apa yang bisa didapatkan dari hal yang dilakukan.’ asalkan bisa melihat orang lain senang, orang yang rendah hati pun akan lebih bahagia.

  1. Percaya nahwa dunia tidak bernah berhutang pada kita

Pada kenyataannya, dunia memang tidak pernah berhutang apa-apa. Sekalipun hal buruk terjadi setelah kamu berbuat baik. Ketika kita percaya hidup itu adil, maka hidup pun akan adil. Ketika kita berbuat baik lalu mendapat hal buruk bukan berarti hidup itu tidak adil, coba deh lihat kembali apa yang bisa di dapatkan dari hal buruk yang terjadi pasti ada hal baik yang bisa membuat kita belajar. Satu lagi, karena orang yang rendah hati fokus pada apa yang bisa mereka berikan, bukan sekedar apa yang bisa mereka dapatkan, sehingga mereka bahagia dengan apa yang mereka miliki.

  1. Melihat semua orang sama

Tidak melihat orang lain lebih baik atau buruk, tidak membeda-bedakan karena menganggap semua orang itu sama. Saya ingat ketika saya berada di hutan dengan beberapa teman, saya diajarkan hal ini oleh alam. Dimana kita memiliki uang tapi kita tidak bisa membeli sesuatu dan ketika haus meminum air dari sumber yang sama, dimana kita semua menjadi sama terlepas dari apa pekerjaan, tinggi jabatan ataupun berapa banyak harta yang dimiliki. Bahwa kita tidak pantas untuk membeda-bedakan perlakuan karena kita semua itu sama meskipun kita hidup ditengah keramaian kota.

C.    Seperti Apa Contoh Sikap yang Rendah Hati itu?

Dalam kehidupan sehari-hari. Kita bisa melatih sikap rendah hati kita dengan cara menyapa orang sebelum disapa, tersenyum sebelum orang senyum kepada kita, sering mengucapkan dua kata sakti “Terimakasih” dan “Tolong”. Rendah hati juga menyangkut kesediaan untuk diajar, dan mengajar orang lain. Seberapa sering kita memperaktekkan sikap rendah hati, itulah yang menentukan jiwa kita yang sesungguhnya.

D.    Manfaat Rendah Hati

 

  1. Orang Menjadi Simpatik

Dengan kerendahan hati yang dimiliki membuat orang disekeliling kita menjadi banyak yang simpatik dengan sifat kita karena sifat ini sangat bertolak belakang dengan sifat sombong yang banyak tidak disukai orang.

  1. Mempunyai Banyak Teman

Sifat ini membuat orang ingin berteman dengan kita dikarenakan orang yang mempunyai sifat ini sangat bermanfaat bagi teman-temannya sendiri yang membawah image positif bagi orang yang menilai pertemanan mereka.

  1. Dihormati Orang

Orang menjadi menghormati kita dengan sifat rendah hati yang telah mengetahui tentang kelebihan yang dimiliki yang tak pernah kita sombongkan.

  1. Hatinya Selalu Tentram dan Tenang

Maksud dari hatinya selalu tentram dan tenang ialah dia tak pernah khawatir akan kemampuan yang dimiliki karena dia tak pernah mengumbar – umbar kemampuannya.

  1. Terhindar Dari Sifat Sombong Atau Takabur

Seperti yang dikatakan pada poin 1, sifat rendah hati sangat bertolak belakang dengan sifat sombong maka orang yang memiliki sifat rendah hati akan terhindar dari sifat sombong yang sangat tidak terpuji.

Ada pepatah Tiongkok kuno yang berbunyi, “Orang yang Rendah Hati akan Mendapat Manfaat, yang Terbuai oleh Rasa Puas Diri akan Mendapatkan Kerugian”. Filsuf Tao terkenal Tiongkok, Lao Zi berkata, “Seseorang bisa mengambil keputusan yang bijak saat dia tidak menanggap dirinya serba pintar. Seseorang bisa dihormati atas jasa-jasanya saat dia tidak membesar-besarkan dirinya. Seseorang bisa mengukir prestasi besar apabila dia tidak sombong.

E.    Tips untuk yang Bersikap Rendah Hati

  1. Jalin hubungan tulus dengan orang lain

Ketika Anda berhubungan dengan orang lain, Anda pelajarilah apa yang bermanfaat dan yang tidak.  Sebab, dalam hubungan dengan orang lain pasti akan ada aksi dan reaksi.

  1. Mendengarkan

Anda harus perhatikan ketika orang sedang berbicara. Jangan hanya mendengarkan kata-kata tetapi memahami maksud dari pembicaraan tersebut. Fokus kepada orang yang sedang berbicara, sehingga Anda mengerti apa yang ingin disampaikannya.

  1. Perhatikan emosi Anda dan pahami pemicunya

Ketika Anda marah, biasanya apa yang menjadi penyebabnya? Ketahui juga penyebab ketika Anda sedih dan senang. Setidaknya, Anda dapat mengetahui pemicunya dan mendapatkan pembelajaran dari hal ini.

  1. Memberi dengan ikhlas

Banyak orang yang memberi karena ingin disebut sebagai orang baik. Namun, sebenarnya ketika Anda memberi jangan mengaharapkan suatu imbalan.

  1. Berlatih setiap hari

Dewasa ini, semakin jarang orang yang memiliki sifat rendah hati yang tulus. Sebab, banyak orang mengutamakan egonya. Kerendahan hati adalah mengetahui siapa Anda dan sebesar apa kepercayaan diri yang Anda miliki. Memiliki kerendahan hati dan menjadi orang yang lebih baik akan membutuhkan latihan setiap harinya.

 

 

DAFTAR RUJUKAN

http://lpimaceh.blogspot.co.id/2016/01/kerendahan-hati-samuel-morse.html

http://female.kompas.com/read/2016/05/08/130400420/Kiat.Latih.Sifat.Rendah.Hati.

http://destaning2.blogspot.co.id/2009/11/rendah-hati.html

http://infondok.blogspot.co.id/2015/05/manfaat-punya-sifat-rendah-hati.html

 

One thought on “Rendah Hati

Tinggalkan Balasan