Loading…

PsyCare Ramadhan ILMPI Wilayah I

Pada bulan Ramadhan, ILMPI Wilayah I melaksanakan program kerja dari salah satu badan kepengurusan, yaitu Badan Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat atau yang biasa disingkat BPPM. Program kerja ini dinamakan Psycare Ramadhan. Tujuan dari program ini adalah untuk menumbuhkan dan meningkatkan kepedulian para pengurus ILMPI beserta tim Relawan ILMPI terhadap lingkungan masyarakat sekitar dibulan suci penuh berkah ini. Beberapa kegiatan dan aksi dilakukan di berbagai Provinsi.

Pertama dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 25 Mei 2018, dirumah baca Tanah Ombak Padang. Tanah Ombak merupakan sebuah lembaga yang berperan dalam mendidik karakter anak-anak di Kelurahan Purus Kota Padang. Kelurahan Purus yang terletak di Kecamatan Padang Barat Kota Padang memiliki masyarakat secara umum nelayan dan pedagang. Budaya yang berkembang di wilayah Purus sebelum pemekaran menjadi daerah wisata terkenal dengan budaya pasia (pasir) yang keras dan amburadul. Oleh sebab itu mereka sangat membutuhkan perbaikan karakter budaya.

Didalam persiapan, pengurus ILMPI Wilayah I dan relawan wilayah I yang berada di Sumatera Barat memulai persiapan acara beberapa hari sebelumnya dan mempersiapkan makanan untuk berbuka dengan memasak disalah satu rumah pengurus. Setelah persiapan memasak selesai, para pengurus dan relawan langsung membawa makanan ke dirumah baca tanah ombak. Disana adik-adik tanah ombak sudah berkumpul dan melakukan rangkaian kegiatan acara berupa games dan penampilan bakat. Setelah itu berbuka puasa dibuka dengan sepotong semangka dan dilanjutkan dengan sholat maghrib berjama’ah. Kemudian, makanan yang telah dibawa dimakan bersama-sama dengan cara “makan bajamba” dimana para pengurus dan relawan berada disela-sela adik-adik agar terjalin keakraban dan kekompakan. Setelah makan-makan selesai, dirapikan, kemudian para pengurus, relawan, adik-adik tanah ombak, dan pengurus tanah ombak duduk melingkar melanjutkan rangkaian acara dan ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dan donasi kepada Tanah Ombak.

Kedua dilakukan di Provinsi Riau pada Minggu, 27 Mei 2018, ILMPI Wilayah 1 bersama Relawan BPPM mengadakan PsyCare Ramadhan bersama adik-adik Panti Asuhan As-Salaam Nur Hidayah. Agenda kali ini yaitu melakukan buka bersama dengan adik- adik  panti, dengan bertemakan “Ramadhan Berkah”. Dalam kegiatan ini pengurus dan relawan membentuk panitia pelaksana yang diketuai langsung oleh salah seorang Relawan BPPM di daerah Riau yaitu Ari Febrianto.

Sebelum buka bersama diadakan, serangkaian acara yang dilakukan oleh pengurus dan relawan untuk mengisi waktu luang sebelum berbuka, salah satunya dengan mendengarkan Tausyiah Ramadhan yang disampaikan oleh salah satu alumni pengurus ILMPI Wilayah 1 yaitu bang Reza dan diakhir tausyiah ada Quiz, semua adik-adik panti antusias menjawab pertanyaan yang diberikan.  Tak lupa juga pertunjukan yang dilakukan oleh para pengurus dengan pembacaan puisi yang luarbiasa keren, serta penampilan adik panti yang gakalah keren dan bagusnya juga. Ketika telah memasuki waktu berbuka tiba, semuanya menyantap takjil yang telah disiapkan, dan melakukan solat berjamaah di mesjid samping panti. Acara diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan berupa Al-Qur’an dan sendal yang merupakan hasil dari penggalangan dana oleh  rekan-rekan KURMA TAQWA, serta poto bersama.

Psycare Ramadhan selanjudnya dilakukan di Provinsi Sumatra Selatan, bersamaan dengan kegiatan di Provinsi Riau, yaitu 27 Mei 2018  di Panti Asuhan Mahabatul Ummi, Palembang. Persiapan awal yang dilakukan Pengurusan dan Relawan ILMPI di Provinsi Sumatra Selatan yaitu rapat mendiskusikan rangkaian kegiatan lalu penggalangan dana yang akan diberikan untuk pihak panti asuhan. Beberapa hari sebelum kegiatannya, rekan-rekan mempersiapkan makanan untuk berbuka dengan memasak di salah satu rumah pengurus. Kegiatan yang dilakukan pada Psycare Ramadhan kali ini, selain buka bersama dengan adik-adik panti, juga melakukan beberapa game dan quiz yang berguna untuk meningkatkan kreatifitas adik-adik panti sembari menunggu  waktu berbuka tiba. Akhir acara Pengurus dan  Relawan ILMPI Wilayah 1 memberikan bingkisan dan beberapa sembako sebagai bentuk kepedulian terhadap adik-adik di Panti Asuhan Mahabatul Ummi.

Provinsi selanjudnya yang melakukan Psycare Ramadhan yaitu Lampung pada tanggal 29 Mei 2017. Kali ini bentuk kegiatan yang dilakukan di lampung adalah KONSER AMAL. Konser amal ini bertujuan mengumpulkan dana lalu di berikan kepada yang membutuhkan. Konser amal rencan akan di adakan 3 universitas yaitu Universitas Muhammadiah Lampung, Universitas Malahayati, dan UIN Raden Intan Lampung, namun yang terlaksana hanya 1 universitas  yaitu UIN Raden Intan Lampung, dikenapa terdapat masalah di dalam perizinan di 2 kampus lainya

Terakhir ada Provinsi Jambi yang melakukan kegiatan Psycare Ramadhan pada 01 Juni 2018. Agenda ini terdiri dari pengumpulan donasi berupa uang, barang dll yang mana donasi tersebut akan diberikan ke panti asuhan Aboel Hasan Jambi. Pengurus ILMPI Wilayah I mengadakan buka bersama dengan adik-adik panti asuhan Aboel Hasan, dan Relawan Pinang Masak Jambi. Yang mana pada kegiatan buka bersama tersebut terdiri dari beberapa kegiatan, yakni penyerahan donasi ke panti asuhan, games menyusun kata rukun iman, rukun islam, pohon harapan yang mana adik-adik panti menuliskan harapannya ke depan dan bagaimana cara ia menggapai harapan tersebut, dan games tebak gerakan.

Serangkaian kegiatan Psycare Ramadhan yang dilakukan oleh Pengurus ILMPI Wilayah I dan Relawan BPPM di beberapa provinsi Alhamdulillah berjalan lancar dan sukses. Diharapkan semoga dengan terselenggaranya kegiatan amal dibulan Ramadhan ini dapat memupuk rasa cinta kasih antar sesama manusia di sekitar dan tetap selalu mampu menciptakan senyum kebahagiaan untuk sesama agar terwujudnya Indonesia tersenyum dengan Psikologi.

Tinggalkan Balasan