Loading…

SELF DIAGNOSE

Oleh : BPPM ILMPI Wilayah I

 

PENGERTIAN SELF DIAGNOSE

Menurut White & Horvitz (2009) mendiagnosa diri sendiri adalah upaya memutuskan bahwa diri mengidap suatu penyakit berdasarkan informasi yang diketahui tau pengetahuan yang berkaitan dengan pengalaman yang dirasakan.

Jadi, perilaku dimana kita membuat suatu keputusan kita menngidap suatu kondisi ntah itu permasalahan pada mental ataupun fisik tanpa campus tangan ahli bisa mengarah kepada self-diagnose.

 

Ciri dan Akibat Self-Diagnose

Ciri-ciri kamu sudah melakukan self-diagnose atau mendiagnosis diri sendiri adalah mencari informasi mengenai sakit yang sedang dirasakan dan mempercayainya.

 

Lalu, apa akibat dari self-diagnose ini?

  • Segera pergi ke tenaga profesional
  • Diagnosis yang salah, sehingga salah melakukan perawatan
  • Gangguan kesehatan yang serius malah bisa jadi tidak terdeteksi
  • Merasa cemas
  • Stres
  • Putus asa
  • Bunuh diri

Bagaimana supaya tidak salah mendiagnosa?

Boleh dan sah-sah saja jika ingin mencari tahu gejala apa yang dialami di internet. Namun, ada batasan yang harus diketahui ya seperti

  • Hindari menarik kesimpulan dari asumsi yang diperoleh seperti merasa bahwa apa yang diperoleh dari internet cukup mewakili gejala yang dirasakan pada diri, hendaknya kunjungi dan berdiskusi dengan profesional, contohnya psikolog atau psikiater.
  • Sampaikanlah dengan terbuka kepada psikolog mengenai apa yang dialami, rasakan, dan pikirkan.
  • Berdasarkan apa yang sudah disampaikan dan diskusikan dalam konseling akan membantu psikolog untuk menetapkan diagnosis.
  • Tindakan selanjutnya adalah psikolog akan membuat rangkaian intervensi yang sesuai dengan diagnosis dari keluhan atau gejala yang dirasakan sehingga ke depannya akan membantu untuk mencapai kondisi yang baik dan adaptif.

Kesimpulan

Masyarakat sebaiknya menyaring informasi kesehatan yang didapatkan dari internet.. Apa yang kamu baca di internet mungkin membawamu pada keyakinan-keyakinan tertentu. Namun pahamilah, bahwa apa yang kamu yakini belum tentu sepenuhnya benar. Merasa mengalami satu atau dua gejala dari sebuah gangguan atau penyakit pun bukan berarti kamu memiliki penyakit atau gangguan itu. Oleh sebab itu, self-diagnose sangatlah tidak dianjurkan selain akan merugikan diri sendiri juga akan mendapatkan treatment yang salah atau tidak sesuai sehingga dapat memperparah kondisi. Memberanikan diri untuk datang menemui ahlinya tetap jalan terbaik ya.

Quotes

mendiagnosis diri sendiri atas ketidaknyamanan yang dirasakan (baik fisik maupun mental) ibarat seperti duduk di kursi goyang. hal itu memberimu sesuatu untuk dilakukan, tapi tidak membawamu kemana-mana selain maju mundur dalam kebimbangan.

 

REFERENSI

 

 

Tinggalkan Balasan