Loading…

GASLIGHTING

Oleh : BPPM ILMPI Wilayah I

 

Apa itu Gaslighting ?

Gaslighting adalah bentuk manipulasi emosi dimana seseorang secara sadar maupun tidak, meyakinkan orang lain bahwa reaksi, persepsi, memori dan atau keyakinan orang lain tersebut tidak hanya salah, tetapi tidak berlandaskan bukti yang nyata. (Abramson, 2014). Gaslighting selalu melibatkan insiden yang berulang pada rentang waktu yang cukup lama, melibatkan pihak-pihak lain selain orang yang melakukan gaslighting secara langsung, atau bahkan melibatkan orang lain yang juga melakukan gaslighting sehingga korban merasa terisolasi. (Abramson, 2014).

Gaslighting merujuk kepada salah satu bentuk penyiksaan secara psikologi (psikologis) yang terjadi dalam hubungan interpersonal, di mana penyiksa melemahkan rasa percaya diri korban dengan membuat mereka mempertanyakan ingatan, sudut pandang, atau kewarasan mereka. Dengan menggunakan penyangkalan yang berulang-ulang, manipulasi, kontradiksi, dan kebohongan, sang penyiksa berusaha untuk menggoyahkan kondisi psikologis korban dan melemahkan rasa percaya dirinya.

 

Ciri – ciri Gaslighting

  1. Berbohong

Gaslighter cenderung mengucapkan kebohongan secara jelas, sehingga korban yang akan mempertanyakan apakah hal tersebut benar atau tidak.

  1. Menyangkal

Hal yang disangkal justru sesuatu yang mempunyai bukti jelas.

  1. Mengancam dengan benda/orang yang disayangi

Menggunakan sesuatu sebagai tameng dan menyalahkan korban dan             menyerang dengan hal-hal yang penting bagi korban.

  1. Menjatuhkan

Secara tidak disadari korban akan diberikan ucapan atau sesuatu secara negatif        dan perlahan-lahan sehingga sulit dipercaya itu telah dilakukan.

  1. Perkataan tidak sesuai tindakan

Sikap-sikap dari gaslighter adalah manipulatif, provokatif, pembohong dan suka menjatuhkan.

 

Akibat dari gaslighting

  1. Mempertanyakan keberadaan atau posisi diri sendiri pada kehidupan
  2. Membingungkan kebenaran terhadap apa saja yang terjadi
  3. Sampai mempertanyakan kewarasan diri sendiri.

 

Kesimpulan

Gaslighting merupakan bentuk manipulasi emosi yang dilakukan oleh seseorang secara sadar maupun tidak sadar. Hal ini tentu saja berbahaya karena dapat membuat kita mempertanyakan keberadaan diri sendiri dan kebenaran yang sedang terjadi.

 

Saran

Kita sebaiknya menghindari perbuatan dalam bentuk gaslighting ini, seperti perbuatan manipulatif, provokatif, dan berbohong. Agar dapat hidup dengan nyaman, tanp perlu mempertanyakan keadaan.

 

REFERENSI

^ “gaslight | Definition of gaslight in English by Oxford Dictionaries”. Oxford Dictionaries | English.

^ “PsycNET”. psycnet.apa.org (dalam bahasa Inggris).

York Morris, Susan. 2017. How to Recognize Gaslighting and Get Help.https://www.healthline.com/health/gaslighting.

Sarkis, Stephanie Ph.D. 2017. 11 Warning Signs of Gaslighting.https://www.psychologytoday.com/us/blog/here-there-and-everywhere/201701/11-warning-signs-gaslighting.

Tinggalkan Balasan