Berita Acara Upgrading dan Rakerwil ILMPI Wilayah I

BERITA ACARA
UPGRADING DAN RAPAT KERJA WILAYAH  
IKATAN LEMBAGA MAHASISWA PSIKOLOGI INDONESIA WILAYAH I
BUNDA HOUSE, PADANG
12 APRIL – 16 APRIL 2017

Setelah dilaksanakannya seleksi dan pemilihan pengurus ILMPI Wilayah I periode 2017/2018, pengurus beserta delegasi dari anggota ILMPI Wilayah I dipertemukan di kegiatan Upgrading dan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil). Tahun ini pelaksanaan Rakerwil ILMPI Wilayah I berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada Musyawarah Wilayah I ILMPI ke-VII yang dilaksanakan di Universitas Sriwijaya telah ditetapkan bahwa Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) dilaksanakan terpisah dengan Musyawarah Wilayah dan UIN Imam Bonjol terpilih menjadi tuan rumah dari Rakerwil tahun 2017 ini.

Alhamdulillah pada kegiatan Upgrading dan Rapat Kerja Wilayah kali ini dihadiri oleh dua belas perguruan tinggi yang tergabung dalam Wilayah I, diantaranya UIN Imam Bonjol, UPI “YPTK” Padang, Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Universitas Abdurrab Riau, Universitas Islam Riau,  Universitas Sriwijaya, UIN Raden Fatah Palembang, Universitas Bina Darma, Universitas Muhammadiyah Lampung, dan Universitas Jambi.

Hari Pertama, Rabu, 12 April 2017

Rabu, 12 April 2017 peserta tiba di ranah minang, Padang, Sumatera Barat, terhitung mulai dari pukul 07.00  WIB pagii menjadi puncak kedatangan para peserta Upgrading dan Rakerwil. Namun, sebelumnya sudah ada beberapa peserta yang datang dua hari dan satu hari sebelum waktu registrasi, seperti peserta dari Provinsi Lampung yaitu Universitas Muhammadiyah Lampung. Peserta yang datang langsung melakukan registrasi dan beristirahat sembari menunggu seluruh kedatangan delegasi di tempat yang telah disediakan panitia.

Sore harinya, sekitar pukul 17.00 WIB seluruh peserta  berangkat menuju Palanta Walikota Padang, Sumatera Barat untuk mengikuti acara pembukaan Upgrading dan Rakerwil. Sekitar pukul 20.00 WIB  acara pembukaan dimulai dengan penampilan Tari Pasambahan, dilanjutkan dengan pembukaan oleh Putri Damayanti dan Aulia Zikra selaku MC, kemudian pembacaan Alqur’an oleh Alisa, selanjutnya menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars ILMPI, dan Mars Psikologi Islam yang dipandu oleh kelompok Paduan Suara.

Terdapata 6 sambutan di acara ini, pertama oleh ketua panitia oleh saudara Ruli Alkindo, kedua kata sambutan oleh Ketua HMJ Psikologi Islam UIN Imam Bonjol saudara Ridho Oktia Elfitra, ketiga kata sambutan oleh Koordinator Wilayah I ILMPI Periode 2017-2018 oleh saudara Ilham Rahmad, keempat  kata sambutan oleh Ketua Jurusan Psikologi Islam UIN Imam Bonjol, kelima kata sambutan oleh Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat, dan  terakhir kata sambutan oleh perwakilan Wali Kota Sumatera Barat sekaligus membuka acara.

Sekitar pukul 22.30  WIB acara pembukaan selesai dan seluruh peserta dipandu oleh panitia untuk kembali menuju penginapan untuk melanjutkan acara.Kegiatan dilanjutkan dengan perkenalan panitia, pengurus serta delegasi Rakerwil I ILMPI 2017. Sekitar pukul 00.30 acara perkenalan selesai, seluruh peserta kembali ke kamar masing-masing untuk beristirahat.

Hari Kedua, Kamis, 13 April 2017

Pada pukul 05.00 WIB di hari kedua, seluruh peserta dibangunkan oleh panitia untuk melaksanakan sholat subuh. Sekitar pukul 06.30 WIB peserta mulai melakukan registrasi sekaligus sarapan bersama. Setelah semua peserta selesai melakukan registrasi dan sarapan, pukul 08.00 WIB peserta dan panitia berangkat menuju kampus UIN Imam Bonjol Padang untuk mengikuti acara seminar dengan tema “Perang Cyber dalam Kaca Mata Psikologi Islam” yang disampaikan oleh pemateri yaitu Bapak Dr. Bagus Riyono, M.A.

Acara pembukaan dimulai pukul 09.00 dengan penampilan Tari Pasambahan kemudian dilanjutkan oleh pembukaan oleh MC dan acara seremonial lainnya. Adapun kata sambutan yang disampaikan pada acara seminar ini yaitu kata sambutan oleh ketua panitia yang disampaikan oleh saudara Ruli Alkindo, kata sambutan oleh Ketua HMJ Psikologi Islam UIN Imam Bonjol yang disampaikan oleh saudara Ridho Oktia Elfitra, kemudian kata sambutan oleh Koordinator Wilayah I ILMPI Periode 2017-2018 yang disampaikan oleh saudara Ilham Rahmad, kata sambutan oleh Ketua Jurusan Psikologi Islam UIN Imam Bonjol, kemudian kata sambutan oleh yang mewakili Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Imam Bonjol, dan terakhir  kata sambutan oleh yang mewakili Rektor UIN Imam Bonjol.

Acara puncak seminar dimulai pukul 10.30 WIB dengan materi seminar “Perang Cyber dalam Kaca Mata Psikologi Islam” yang disampaikan oleh Bapak Dr. Bagus Riyono, M.A. dan dipandu oleh seorang moderator. Materi seminar selesai pukul 11.30 WIB dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Setelah sesi tanya jawab berakhir, acara seminar dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan kepada pemateri. Selanjutnya acara di tutup secara resmi oleh MC dan foto bersama peserta Upgrading dan Rakerwil.

Acara seminar selesai pukul 12.15 WIB peserta kemudian beristirahat di lokasi seminar sembari menunggu waktu sholat zuhur tiba. Kemudian dilanjutkan dengan makan siang bersama. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan kuliah umum yang disampaikan oleh Gubernur Sumatera Barat yaitu Bapak Prof Dr. H. Irwan Prayitno, Psi, M.Sc. dan Bapak Dr. Bagus Riyono, M.A. kegiatan kuliah umum ini merupakan acara selipan karena tidak termasuk dalam roundown acara Rakerwil 1 ILMPI 2017.

Kuliah umum dimulai pukul 13.30  WIB dengan. Materi pertama disampaikan oleh Bapak Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, Psi. M.Sc. selaku Gubernur Sumatera Barat. Beliau  menyampaikan materi tentang pengalaman dan kegiatan beliau di masa muda. Kemudian Materi kedua dilanjutkan oleh Bapak Dr. Bagus Riyono, M.A. dengan tema  “Mewaspadai Sensing Culture Penyebab Kekosongan Jiwa Generasi Muda”.  Setelah sesi tanya jawab selesai, kuliah umum di tutup oleh moderator dan kemudian acara di tutup kembali oleh MC.

Pukul 16.45 WIB seluruh peserta di pandu oleh panitia memasuki bus untuk kembali ke penginapan. 35 menit kemudian peserta tiba di penginapan. Peserta kemudian beristirahat dan menyiapkan diri untuk kegiatan selanjutnya.

Kegiatan selanjutnya adalah Upgrading. penyampaian materi upgrading I oleh saudari Alivia Seftin Oktriwina yaitu materi Analisis Sosial. Pembahasan materi ini selesai pukul 22.50 WIB  kemudian dilanjutkan dengan pembahasan yang disampaikan oleh saudara Riko Adriyan Putra, S.Psi yaitu Teamwork Building. Dengan berakhirnya pembahasan ini peserta dipersilahkan istirahat.

Hari Ketiga, Jumat, 14 April 2017

Pukul 05.00 WIB terdengar suara panitia membangunkan para peserta untuk sholat subuh. Tepat pukul 08.00 WIB Kegiatan dilanjutkan dengan Pembahasan tentang Manajemen Konflik yang disampaikan oleh saudara Yulianto Hadi Pramono, S.Psi. setelah sesi tanya jawab selesai, kemudian dilanjutkan dengan pelatihan administrasi kesekretariatan oleh saudari Aviola Nathasya Benni selaku DPO Nasional. Pembahasan materi ini selesai  pukul 12.15 WIB kemudian panitia mengarahkan seluruh peserta untuk istirahat sholat zuhur dan makan siang.

Upgrading dilanjutkan pukul 13.30 WIB. pembahasan selanjutnya yaitu tentang sejarah dan pengenalan ILMPI oleh saudari Rika Febrianti, S.Psi seperti biasanya pembahasan berlanjut dengan sesi tanya jawab. Setelah itu masuk ke pembahasan yang disampaikan oleh saudari Gabriela Yastika Putri  selaku DPO Wilayah yaitu tentang Manajemen organisasi. Pembahasan ini selesai pukul 17.15 WIB selanjutnya peserta diarahkan oleh panitia untuk kembali ke penginapan guna istirahat dan makan

Pukul 20.00 kegiatan kembali dilanjutkan kembali dilanjutkan. Pembahasan selanjutnya adalah sosialisasi Sosialisasi AD/ART, GBHO/GBHK dan BPU oleh Usaid Al-Banna selaku Sekretaris Jendral ILMPI periode 2017-2018 kemudia dilanjutkan dengan pembahasan teknik dan etika sidang yang merupakan pembahasan terakhir dalam Upgrading juga disampaikan oleh saudara Usaid Al Banna. Pembahasan terakhir ini memakan waktu yang cukup lama karena di pembahasan ini dilakukan simulasi sidang. Pembahasan ini berakhir pukul 23.45 WIB peserta sepakat untuk kegiatan dilanjutkan dengan Rapat Kerja Wilayah.

Pukul 00.00 Rapat kerja Wilayah dimulai. Dalam Rakerwil ini terdapat 5 musyawarah, yaitu:

 Musyawarah Pendahuluan: Pembahasan Manual Acara dan Tata tertib

 Musyawarah I:  Pembahasan Program Kerja Wilayah (Rapat Komisi)

 Musyawarah II: Penyampaian dan Pembahasan Program Kerja Wilayah (Rapat Pleno)

 Musyawarah III: Pengesahan Program Kerja Wilayah (Rapat Paripurna)

 Musyawarah IV: Keputusan Tambahan

Rapat ini diawali dengan Musyawarah Pendahuluan yang membahas manual acara dan tata tertib. Musyawarah  dipimpin oleh Pimpinan Sidang  I yaitu  saudara Ilham Rahmad selaku Koordinator Wilayah I .dan Pimpinan Sidang II yaitu Laura Amalia selaku Koordinator Badan Kesekretariatan wilayah. Pukul 01.00 WIB dilakukan pengesahan sidang kemudian musyawarah ditunda sampai besok pukul 08.00 WIB.

Hari Keempat, Sabtu, 15 April 2017

Pada hari keempat, Seperti hari-hari sebelumnya peserta dibangunkan pukul 05.00 WIB untuk melaksanakan solat subuh dan bersiap-siap untuk mengikuti agenda selanjutnya. Pukul 08.00 WIB pending dicabut agenda dilanjutkan dengan Musyawarah I yaitu pembahasan program kerja wilayah.

Musyawarah I dibagi menjadi enam komisi yaitu Komisi I (Badan Kesekretariatan Wilayah), Komisi II (Badan Keuangan Wilayah), Komisi III (Badan Informasi dan Komunikasi Wilayah), Komisi IV (Badan Pengembangan Organisasi Wilayah), Komisi V (Badan Pengembangan dan pengabdian Masyarakat Wilayah), dan Komisi VI (Badan Pengembangan dan Pengkajian Keilmuan Wilayah).

Masing-masing badan diberikan waktu untuk berdiskusi, program apa yang akan dijalankan dan apa targetnya. Setiap badan diberikan waktu 2×60 menit, tetapi karena kemantapan untuk program kerja dari masing-masing badan maka pending 2×30 menit pun diajukan, dan pimpinan sidang mengetuk palu. Setelah 2×20 menit berlalu pending diajukan kembali oleh forum, hingga akhirnya pimpinan sidang mengetuk palu untuk pending 2×10 menit. Diskusi masing-masing badan pun selesai. Tak terasa sudah pukul 12.30 WIB musyawarah dipending kembali 2×15 menit untuk istirahat sholat dan makan.

Pada pukul 13.20 pending dicabut.  dilanjutkan kembali dengan musyawarah II yaitu penyampaian dan pembahasan program kerja wilayah (rapat pleno). Setiap badan menyampaikan program kerjanya untuk satu tahun kedepan dan kemudia dibahas bersama. Musyawarah II berlangsung hingga pukul 18.10 WIB, selanjutnya musyawarah pun dipending kembali hingga pukul 19.00 WIB.

Pada pukul 19.00 WIB pending dicabut. Agenda selanjutnya adalah Musyawarah III, yaitu Pengesahan Program Kerja Wilayah (Rapat Paripurna). Musyawarah ini mengesahkan program kerja yang telah disampaikan dan dibahas pada Musyawarah II. Pengesahan program kerja disahkan oleh pimpinan sidang dengan dibacakan program kerja terlebih dahulu kemudian diresmikan dengan ketukan palu pada pukul 20.00 WIB.

Agenda selanjutnya adalah Musyawarah IV yaitu keputusan tambahan. Rapat kembali dilanjutkan sekitar pukul 19.30. hasil dari keputusan tambahan adalah penentuan tempat seminar nasional dan rapat kerja wilayah. Kemudian di pending 1×10 menit dan peserta dikelompokkan berdasarkan perguruan tinggi untuk berdiskusi siapa yang akan mengajukan tender. Setelah lama berdiskusi akhirnya musyawarah dibuka kembali  untuk  penentuan tempat seminar nasional dan rapat kerja willayah.

Dalam pembahasan tender Seminar Nasional, Universitas Bina Darma Palembang menjadi satu-satunya opsi yang muncul, sedangkan dalam pembahasan tender Rapat Kerja Wilayah I LMPI tahun 2018 muncul dua opsi, yaitu opsi pertama UIN Sultan Syarif Kasim Riau dan opsi kedua yaitu UIN Raden Fatah Palembang.

Setelah melewati musyawarah yang cukup lama dan sampai melakukan lobi selama 1×5 menit, akhirnya diputuskan bahwa Universitas Bina Darma Palembang menjadi tuan rumah Seminar Nasional dan UIN Sultan Syarif Kasim Riau menjadi tuan rumah pada Rapat Kerja Wilayah 1 LMPI tahun 2018. Selanjutnya keputusan tambahan disahkan  dan  musyawarah ditutup oleh Ilham Rahmad selaku Koordinator Wilayah Idan dilanjutkan dengan penandatanganan piagam deklarasi.

Sekitar pukul 23.30 acara dilanjutkan dengan acara penutupan Upgrading  dan Rapat Kerja Wilayah. Acara langsung diambil alih oleh panitia. acara langsung dibuka oleh MC, kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Ketua Panitia, Ketua HMJ Psikologi Islam UIN Imam Bonjol, Koordinator Wilayah 1 ILMPI, dan Sekretaris Jendral ILMPI periode 20172018, terakhir kata sambutan oleh Ketua Jurusan Psikologi Islam UIN Imam Bonjol sekaligus menutup acara Upgrading  dan Rapat Kerja Wilayah.Acara kemudian resmi ditutup oleh pembacaan doa dan penutup oleh MC.

Pukul 00.15,WIB setelah acara resmi di tutup, panitia mulai membereskan tempat untuk melaksanakan makan malam bersama. Sekitar pukul 00.30 seluruh peserta rapat dan panitia makan malam bersama di aula yang telah dikondisikan. Adapun agenda tersebut bernama ‘Makan Bajamba’. Setelah itu acara dilanjutkan dengan Malam Keakraban. Acara Malam Keakraban diisi oleh beberapa penampilan l dari tuan rumah yaitu UIN Imam Bonjol Padang, kemudian dilanjutkan dengan penampilan-penampilan dari setiap provinsi di wilayah I. Acara puncak malam keakraban diisi dengan bernyanyi bersama sambil menghidupkan kembang api dan lilin. Acara selesai pukul 02.30, WIB kemudian panitia mengarahkan para peserta untuk kembali ke penginapan untuk beristirahat.

Hari Kelima, Minggu, 16 April 2017

Hari ini adalah hari terakhir kebersamaan peserta dan panitia. Pukul 07.45 WIB  para peserta dan panitia berkumpul di halaman penginapan Bunda House dengan barang-barang bawaan peserta yang telah tersusun rapi.  para peserta dan panitia akan menjalani agenda terakhir yakni fieldtrip. Pukul 08.30 WIB setelah semua peserta siap, beberapa panitia mengantar dan mengarahkan seluruh peserta naik ke dalam bus untuk pergi ke lokasi fieldtrip.

Lima belas menit kemudian, rombongan sampai di lokasi fieldtrip pertama yaitu ‘Jembatan Siti Nurbaya’. Karena mempertimbangkan cuaca yang sangat panas serta para peserta yang sudah kelelahan, akhirnya panitia memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke pesisir Pantai Kota Padang. Disana para peserta dan panitia membaur untuk menikmati keindahan Pantai Kota Padang.

Perjalanan fieldtrip hari itu selesai sampai disana. Pukul 12.45 WIB  para rombongan bersiap-siap untuk kembali ke bus. Sebelumnya, para peserta dan panitia melakukan foto bersama di depan sebuah tugu yang ada disana. Setelah puas berfoto, seluruh peserta kembali ke bus dan melanjutkan perjalanan terakhir yaitu kampus pusat UIN Imam Bonjol Padang.

Waktu telah menunjukkan waktu sholat Zuhur, peserta Upgrading dan Rapat Kerja Wilayah beserta panitia berhenti di Masjid Raya Lama Padang untuk melaksanakan sholat Zuhur. Seusai melaksanakan sholat Zuhur, kembali melanjutkan perjalanan. Kurang lebih selama 20 menit perjalanan akhirnya sampai di tujuan terakhir yaitu kampus pusat UIN Imam Bonjol Padang. Disanalah rangkaian acara Rapat Kerja Wilayah 1 ILMPI 2017 berakhir.. Perjuangan kita dimulai dari sini, selamat berjuang dari tempat masing-masing, kita berpisah untuk bertemu lagi. sampai jumpa lagi di Seminar Nasional Palembang dan Rapat Kerja Wilayah tahun 2018 di Riau.

Salam Hangat dan Salam Pergerakan

Koordinator Badan Kesekretariatan Wilayah I

Laura Amalia

Post Author: adminwilayahsatu

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *